Minggu, 25 Maret 2018

Baso Aci Khas garut

Baso Aci Khas garut 

Siang-siang.. mendung menggantung, jadi ingin konsumsi makanan berkuah, panas.. pedes.. tentu enak sekali. Saya memikirkan semangkuk daging sapi ala pak Geger yang seger serta gurih. Tapi apa daya tidak miliki daging untuk buat bakso.. haha. Ingin jajan ke luar kok ya paling males siang-siang jajan serta keluar. Pada akhirnya saya ingat, ada rekan yang bertanya resep bakso kuah aci kemaren. Saya jadi penasaran.. seperti apa bakso kuah aci itu. Sesudah saya searching sana sini, nyatanya baru tahu saya.. bakso kuah aci ini yaitu makanan ciri khas Garut.. serta berisi beneran bukanlah bakso daging, tapi bakso dari aci saja.. hihi. Wah.. cocok banget nich.. bila hanya aci dirumah senantiasa ada stok.. hahah.. soale saya kan bakulan tepung cireng dan lain-lain tho.. : D 

Sesudah saya saksikan resepnya umumnya yang seperti buat cilok saja, tapi diberi isian daging atau ayam. 
Oke dech.. gampang.. bila resep cilok yang empuk kan saya telah berada di situs ini, jadi saya gunakan resep itu saja. Karna tidak miliki daging, saya saksikan, di freezer kok masih tetap ada sisa satu biji bakso tenis yang di beli suami di toko daging berlangganan sekian waktu lalu. Bakso dari situ super, semakin banyak dagingnya dari pada tepungnya... jadi nampaklah inspirasi saya potong-potong saja bakso sebiji itu buat isian bakso acinya. Jadi bila kangen rasa bakso daging.. cocok mengigit bakso aci ini kan masih tetap sedikit merasa daging juga.. hahah. * Mak Hemat tenan..! 
Untuk kuahnya, saya masih tetap nyimpan stok kaldu ayam kampung, jadi tidak problem gunakan itu, keduanya sama seger untuk kuah bakso, serta menurutku jadi tidak neg, dibanding kaldu balungan sapi. Kuah kaldunya berbumbu sederhana saja, bawang putih goreng yang di geprek, garam, merica, kaldu ayam serta sedikit gula. Taburi sledri serta daun bawang cincang dan bawang goreng yang melimpah. Hidangkan dengan kecap manis, saus sambal serta sambal cabai rawit.. beneran merasa seperti kuah bakso yang fresh kok.. hanya berisi aci semuanya.. hahah. Barusan buat macam saya goreng cireng juga gunakan Tepung Cireng yang saya jual.. nyatanya enak juga di makan gunakan kuah begini. Agar lebih lengkap saya lebih tahu aci rebus juga.. jadi serba aci dech. Salut dech buat kreativitas bermacam olahan aci dari Garut ini.. enak juga nyatanya. 

Jadi.. bila sekali lagi ngga miliki daging buat buat bakso, tapi tetaplah ingin makan yang beberapa fresh begini, buat bakso aci ini.. bukanlah inspirasi yang jelek kok rekan-rekan. Rasakan sensasi kenyal gurih di padu segarnya kuah bakso.. hahah. 

Ini adonan bakso acinya, saya gunakan resep Cilok yang telah sempat saya menulis di SINI. Bila isian sesuai sama selera ya, bila aslinya daging yang direbus berisi. Tapi bila saya kok lebih sukai daging olahan begini lebih praktis. Mungkin saja isi sosis juga enak kali ya. Bila untuk Cireng Gorengnya, seperi umum, gunakan Tepung Cireng siap gunakan yang saya jual, tinggal seduh serta goreng saja. Tepung Cireng telah sempat saya bahas di SINI. 

Adonan ini dapat untuk tahu aci rebusnya juga, terkecuali di bentuk bulat-bulat, tingga di isikan ke tahu segitiga, lantas rebus berbarengan dengan bakso acinya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar