Selasa, 13 Maret 2018

Warga Garut Wajib Icip Sate Domba


Warga Garut Wajib Icip Sate Domba

Terkecuali Tegal di Jawa Tengah, kabupaten Garut tersohor dengan daging domba yang enak. Terlebih bila di nikmati jadi sate domba yang empuk! 

Pemandangan gunung, permandian air panas jadi pesona alam kabupaten Garut. Masalah kuliner, Garut tersohor dengan domba Garut yang di kenal dagingnya empuk, tidak berbau prengus serta juicy.

Karena itu terkecuali dodol, sate domba Garut harus dicicipi bila liburan atau melewati kabupaten yang sejuk ini. Sebagian warung serta tempat tinggal makan tawarkan sate domba Garut asli. Satu diantaranya warung sate Domba Garut. 
" Sate biasanya terbuat dari daging kambing, jikalau terbuat dari domba, itu domba yang seringkali didapati di pedagang-pedagang hewan. Disini kami buat olahan sate dari daging Domba Garut asli, " ungkap yang memiliki warung sate Domba Garut, Taufan Rimaldi pada detikfood di Jalan Pataruman, Tarogong Kidul, Garut, Selasa (27/6). 

Daging domba yang diambil pastinya tidak asal-asalan. Domba Garut yang dagingnya akan jadikan sate adalah domba berumur dibawah lima bln.. Atau dimaksud dengan 'balibul'. Diluar itu, daging domba Garut juga di taruh dengan dibungkus daun pepaya supaya tidak keluarkan bau amis serta struktur dagingnya makin empuk. 
Sate daging domba Garut ini lalu dibakar diatas tungku yg tidak menyala atau warga Garut mengatakannya tehnik ganggang sepanjang 15 menit saja. Sesudah masak, sate Domba Garut ini dihidangkan dengan bumbu kacang dan kecap, irisan cabai merah, tomat. bawang merah serta jeruk nipis. 

" Di tiap-tiap tusuknya, sate dihidangkan tanpa ada memakai lemak dengan kata lain murni daging semuanya, " tuturnya. Daging satenya walau tanpa ada lemak merasa empuk, gurih serta juicy. Juice daging merasa gurih enak walau tidak dicocol saus kacang serta kecap. Namun semakin enak dengan sedikit cocolan saus kacang serta suapan bawang merah dan cabe rawit cincang. Gurih-gurih sedap! 

Sate Domba Garut ini saat ini jadi menu baru yang hits di Garut. Taufan mengakui mulai sejak pertama kalinya di buka th. 2016 lantas, warung sate Domba Garut kepunyaannya saat ini seringkali dikunjungi beberapa pemburu kuliner asal Garut ataupun dari luar daerah. 
Hide Original Sentences

Selain Tegal di Jawa Tengah, kabupaten Garut tersohor dengan daging domba yang enak. Apalagi jika dinikmati sebagai sate domba yang empuk! Pemandangan gunung, permandian air panas menjadi pesona alam kabupaten Garut. Soal kuliner, Garut tersohor dengan domba Garut yang dikenal dagingnya empuk, tidak berbau prengus dan juicy. Karenanya selain dodol, sate domba Garut wajib dicicipi jika berlibur atau melintasi kabupaten yang sejuk ini. Beberapa warung dan rumah makan menawarkan sate domba Garut asli. Salah satunya warung sate Domba Garut. "Sate pada umumnya terbuat dari daging kambing, kalaupun terbuat dari domba, itu domba yang sering ditemui di pedagang-pedagang hewan. Di sini kami membuat olahan sate dari daging Domba Garut asli," ungkap pemilik warung sate Domba Garut, Taufan Rimaldi kepada detikfood di Jalan Pataruman, Tarogong Kidul, Garut, Selasa (27/6). Daging domba yang dipilih tentunya tidak sembarangan. Domba Garut yang dagingnya hendak dijadikan sate merupakan domba berusia di bawah lima bulan. Atau disebut dengan 'balibul'. Selain itu, daging domba Garut juga di simpan dengan dibungkus daun pepaya agar tidak mengeluarkan bau amis dan tekstur dagingnya semakin empuk. Sate daging domba Garut ini kemudian dibakar di atas tungku yang tidak menyala atau warga Garut menyebutnya teknik ganggang selama 15 menit saja. Setelah matang, sate Domba Garut ini disajikan dengan bumbu kacang serta kecap, irisan cabai merah, tomat. bawang merah dan jeruk nipis. "Di setiap tusuknya, sate disajikan tanpa menggunakan lemak alias murni daging semua," katanya. Daging satenya meski tanpa lemak terasa empuk, gurih dan juicy. Jus daging terasa gurih enak meski tak dicocol saus kacang dan kecap. Tetapi makin enak dengan sedikit cocolan saus kacang dan suapan bawang merah serta cabe rawit cincang. Gurih-gurih sedap! Sate Domba Garut ini kini menjadi menu baru yang hits di Garut. Taufan mengaku sejak pertama kali dibuka tahun 2016 lalu, warung sate Domba Garut miliknya kini sering dikunjungi para pemburu kuliner asal Garut maupun dari luar daerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar