Selasa, 13 Maret 2018

Es Goyobod Si Pelepas Dahaga dari Tanah Sunda

                                          Es Goyobod Si Pelepas Dahaga dari Tanah Sunda

Es Goyobod. Tersebut namanya. Untuk beberapa Travelmate, mungkin saja kuliner ciri khas Garut ini telah ramah di telinga, atau bahkan juga telah ramah di lidah. Nah untuk yang masih penasaran, Jelajah Garut akan mengupas semuanya mengenai si Pelepas Dahaga dari kota Garut ini. 
Goyobod, yang bermakna basah kuyup dalam Bhs Indonesia, dapat di kategorikan jadi es campur. Tetapi pastinya ada kekhasan sendiri. Dari mulai sensasinya saat masuk ke rongga mulut, sampai resep rahasianya yang misterius. Bahkan juga, es campur ciri khas yang satu ini miliki histori yang panjang. 
Pada dekade 1930-an, Es Goyobod ini dikenalkan oleh seseorang pedagang yang bernama Junaedi di Jakarta. Sayangnya, usaha Junaedi di Jakarta kurang mujur. Lantas usaha ini dibawa serta dilanjutkan oleh anaknya yang bernama Usep di Bandung sekitaran tahun 1940, di daerah Banceuy. Dagangannya juga mulai laku. Tetapi, Momen Bandung Lautan Api tanggal 23 Maret 1946 mengharuskan Usep mengungsi ke Garut serta meneruskan usahanya di Garut. 
Seseorang pedagang Goyobod di Garut mengungkap narasi sama. Hanya saja beliau menjelaskan kalau penemu Goyobod ini bernama Abah Aca, yang berjualan di Banceuy juga. Saat momen Bandung Lautan Api, Abah Aca geser ke Garut serta usahanya dilanjutkan oleh anaknya. 
Dengan kasat mata, Es Goyobod ini seperti tak ada bedanya dengan es campur beda. Tetapi saat telah masuk di kerongkongan, ketidaksamaan rasa akan kontras merasa. Ini karena ketidaksamaan struktur yang datang dari beberapa bahan basic Goyobod. 
Memiliki bahan basic dari tepung sagu, pacar cina, alpukat, serta sirup, Es Goyobod yang teksturnya kenyal ini lalu dipadu-padankan dengan serutan kecil kelapa muda serta ditambah roti tawar dan serutan es diatasnya jadi topping. Slurrrp! 
Sayangnya, bila anda buat sendiri Es Goyobod ini, peluang besar rasa-rasanya akan tidak sama juga dengan Es Goyobod yang umum di jual di Garut. Ini dipercaya karena Goyobod yang umum di jual di Garut mempunyai satu resep rahasia seperti Krabby-Patty. 
Beberapa pencinta kuliner ciri khas pasti harus coba Es Goyobod asli Garut ini. Ditengah hari, waktu cuaca tengah terik-teriknya di Kota Garut, serta kerongkongan tengah kering-keringnya, Goyobod-lah jalan keluar jitunya.

x



x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar