Selasa, 13 Maret 2018

Ladu Ketan Khas Sunda

Ladu Ketan Khas Sunda 
Bila anda melintas di jalan provinsi menuju arah Jawa Tengah dari daerah Bandung, Anda akan melewati kota kecil di daerah Garut. Kota kecil itu benama Malangbong, mirip dengan sebuah nama kota di Jawa Timur, hanya di belakangnya ditambah dengan kata bong. Malangbong ini walaupun kota kecil namun karena menjadi daerah perlintasan tiga kabupaten, maka kota ini menjadi salah satu penyokong ekonomi di Kabupaten Garut.

Salah satu penunjang sektor ekonomi yang bersumber dari kekhasan daerah sebagai ciri khas kota Malangbong adalah kuliner yang tersaji dari bahan dasar ketan. Penganan ini menjadi oleh-oleh khas Malangbong yang diburu oleh para tamu atau pelancong yang sengaja berkunjung ke Malangbong atau singgah di Malangbong untuk sekedar istirahat karena perjalanan yang cukup jauh. Sajian oleh-oleh ini namanya Ladu Ketan.

Ladu ketan ini mirip dengan jenang penganan khas dari Jawa Tengah namun beda dengan dodol penganan asli dari Garut ibu kotanya Malangbong sendiri. Rasanya yang manis legit dan "peungkeur" kata orang Sundamah menjadi pembeda ladu ketan ini dengan jenang. Bila jenang itu dari teksturnya lengket, ladu ketan khas Malangbong ini tidak. Walaupun ladu ketan ini disajikan dalam satu wadah secara bertumpuk, ladu ketan ini tidak lengket satu sama lain. Disamping itu penampilan ladu ketan yang unik mampu menggoda selera untuk mencoba mencicipi penganan khas Malangbong ini.

Ladu ketan Malangbong biasanya dijual dalam kemasan dengan isi satu kemasan terdapat 10 stik ladu ketan. Masing-masing stik ladu ketan dikemas lagi dengan kertas wajit yang dikasih label. Tersedia juga ladu ketan yang dijual satuan stik, ukurannya agak besar, dengan harga sangat terjangkau. Disepanjang jalan provinsi di kota Malangbong, ladu ketan ini banyak dijual dan siap menemai perjanalan anda untuk dijadikan buah tangan atau bisa dinikmati di dalam kendaraan selama perjalanan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar