Selasa, 13 Maret 2018

Kue Balok Teman Ngopi dari Kadungora yang Bikin Ketagihan


Kue Balok Teman Ngopi dari Kadungora yang Bikin Ketagihan
Kue yang penampakannya serupa kue pukis ini memanglah mempunyai daya tarik sendiri, dari mulai rasa sampai langkah membuatnya. Saat ini kue ini banyak dipadukan dengan beragam topping, seperti cokelat, keju, serta banyak rasa yang lain. Tapi di Kadungora, jadi perintis racikan kue ini, adonan yang dipakai tetaplah dipertahankan, hingga banyak yang mengatakannya kue balok original. Rasa manis, keempukan, serta gurihnya tetaplah dipertahankan dari generasi ke generasi. 

Sesungguhnya adonannya untuk buat kue ini termasuk simpel. Cuma terdiri atas tepung terigu, gula, telur, mentega, soda kue, air, serta ditambah susu. Tapi tiap-tiap penjual miliki trick semasing, baik dalam soal ukuran, ataupun dalam tehnik pembuatan. Sistem memasaknya juga unik. Adonan dipanaskan dari atas ataupun dari bawah cetakan dengan perapian memakai arang. Adonan yang telah dituangkan ke cetakan ditutup dengan anglo yang di isi arang yang menyala. Dengan hal tersebut, kue juga akan masak dengan rata. 
Tehnik ini sangat mungkin kue untuk dibuat 1/2 masak, serta banyak yang katakan sensasinya mengagumkan. Kue balok 1/2 masak ini tampak seperti kue balok umum, tetapi saat digigit, adonan didalam kue yang masih tetap berbentuk lelehan panas juga akan berikan sensasi yang begitu unik. Karenanya banyak juga yang pesan kue ini 1/2 masak serta segera dikonsumsi ditempat. 

Usaha kue balok di Kadungora ini telah diawali mulai sejak th. 1942, serta saat ini diteruskan oleh buyut keturunan beberapa perintis usaha ini dengan tetaplah menjaga kekhasan cita rasa-nya. Kekhasan dapat diliat dari ukuran yang masih tetap memakai alat tradisionil, rantang untuk ukuran tepung serta air, tutup termos untuk ukuran beras, dan lain-lain. 

Nah, saat ini beberapa penjual kue ini telah banyak bermunculan, bukan sekedar di Kadungora, tapi juga di sekitaran kota Garut, seperti di Jayaraga serta Simpang Lima, dan di Garut Utara, seperti di Limbangan, Leles, serta Malangbong. Jadi, bukan sekedar di Garut, banyak pula penjual Kue Balok di kota beda, seperti di Bandung serta Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar