Selasa, 13 Maret 2018

Rumah Makan Khas Sunda Cibiuk

Rumah Makan Khas Sunda Cibiuk 

Sebagian orang berasumsi tidak komplit makan tanpa ada ditemani sambal. Untuk warga Jawa Barat terutama warga sunda sambal adalah makanan keseharian yang perlu ada pada tiap-tiap menu sajian baik itu pagi hari, siang hari bahkan juga malam hari. Buat anda yang menyukai dengan sambal serta menginginkan coba sambal yang unik, anda bisa coba sambal Cibiuk. Sambal cibiuk adalah sambal yang datang dari Desa Cibiuk yang ada di Kabupaten Garut. Nyatanya, hadirnya sambal ini tidak terlepas dari tokoh agama yang pertama kalinya datang ke Cibiuk untuk menebarkan ajaran Islam. Syekh Ja’far Shidiq. Tokoh agama yang sekarang ini makamnya jadi obyek wisata rohani beberapa peziarah berikut pencipta Sambal Cibiuk. Lalu, sambal ini dilanjutkan serta diperkembang oleh putrinya bernama Nyimas Ayu Fatimah. Hingga sekarang ini, Sambal Cibiuk mempunyai nilai ekonomi tinggi serta ada jadi trade mark sebagian tempat tinggal makan yang mengusung makanan ciri khas Sunda. Satu diantara tempat tinggal makan yang sediakan sambal ini yaitu Tempat tinggal Makan Cibiuk. 

Awal mulanya, sambal Cibiuk yaitu hidangan istimewa untuk tamu perlu, namun di sini ada untuk siapapun yang menginginkan memesannya. Sambal ini memakai tomat muda yang masih tetap berwarna hijau serta dedaunann yang mempunyai cita rasa ciri khas seperti daun Pokpohan serta daun kemangi, tidak ketinggal dipakai terasi jadi berbahan. Cabai yang dipakai yaitu cabe hijau serta cabe rawit. Dalam penampilannnya, sambal ini juga akan berwarna hijau karna beberapa bahan yang dipakai menguasai berwarna hijau. Rasa-rasanya yang pedas serta ciri khas juga akan jadi favorite untuk pencinta sambal. Berikut yang membedakan tempat tinggal makan ini dengan tempat tinggal makan Sunda yang lain. Sambal cibiuk bisa disebutkan jadi menu harus dirumah makan ini. 

Jadi tempat tinggal makan sunda, sambal serta lalapan adalah hidangan yang harus ada. Anda bisa menemukannya pada sebagian cobek dari batu yang membuat lingkaran besar. Pada cobek ini terdapat banyak type sambal seperti sambal oncom, sambal terasi serta sambal yang lain dan lalapan yang terbagi dalam daun selada, daun kemangi, kol serta mentimun. Sambal ini bisa di ambil sepuasnya oleh beberapa pelanggan tanpa ada penambahan cost. Cuma saja untuk Sambal Cibiuk, anda mesti membayar Rp 6. 000, - hingga Rp. 7. 500, - tergantung pada type sambal Cibiuk yang anda tentukan. Umpamanya Anda dapat pilih Sambal Cibiuk Hijau (dengan tomat hijau), Sambal Cibiuk Merah (dengan tomat merah), serta Sambal Cibiuk Cuerik (pedas sekali).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar