Selasa, 13 Maret 2018

Nasi Liwet Instan


Nasi Liwet Instan
Nasi liwet adalah nasi khas urang Sunda. Nasi ini berasal dari beras yang dimasak dengan bumbu, rempah-remah (bawang, daun salam, sereh), sedikit minyak makan, dan lauk pauk (biasanya ikan teri atau ikan jambal roti), dan sayuran (kacang panjang, pete, labu)). Nasi liwet dimasak dengan panci khusus di atas kompor kayu bakar. Karena dimasak dengan panci, maka ada kerak nasi yang tersisa di dasar panci. Rasa nasi liwet umumnya gurih seperti nasi uduk (tapi nasi liwet tidak pakai santan). Rasa gurih itu timbul karena paduan rempah-rempah, bumbu, sayyuran, dan ikan. Contoh resep nasi liwet khas Bandung bisa diklik pada pranala ini.
Untuk memasak nasi liwet cukup ribet dan lama. Kalau anda makan di Rumah Makan Sunda dan memesan nasi liwet, anda perlu menunggu nasi dimasak hingga setengah jam. Nasi liwet memang harus dipesan terlebih dahulu dan dibuat saat itu juga. Nasi ini hanya enak selama asapnya masih ngebul. Paduan makan nasi liwet adalah sambal terasi, ikan goreng, ayam goreng, atau tahu/tempe goreng.
Untunglah sekarang ada nasi liwet instan yang bernama “Nasi Liwet Instan 1001”. Nasi liwet instan ini dibuat oleh seorang anak muda dari daerah Garut (saya lupa namanya). Baru-baru ini pemuda tersebut mendapat Anugerah Inovasi Jawa Barat yang diserahkan oleh Gubernur Jabar.
Saya menemukan nasi liwet instan ketika jalan-jalan ke Garut. Nasi liwet instan dikemas dalam kemasan yang cantik. Ada tiga rasa, yaitu rasa jambal roti, rasa teri, dan rasa pete. Anehnya saya belum menemukan nasi liwet instan dijual di supermarket, tetapi dijual melalui agen-agen. Katanya nasi liwet isntan ini sudah diekspor ke mancanegara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar